mercoledì 17 marzo 2010

dapet pelajaran lagi

tadinya saya berhasrat untuk ga ngepost hari ini. tapi ternyata... hari ini pas mama lagi ngutak ngatik saluran TV di rumah sakit dan biasa pasti yang dipencet duluan HBO ada sesuatu yang membuat saya tertarik! THE KITE RUNNER diputer di HBO.

gue sempet tergila-gila sama ini film (baca: ngayal pas baca bukunya) dan siang ini gue kesampean nonton lagi tuh film (baca: bener-bener filmnya) . mmhhh ini sinopsisnya yang gue copy dari detikshop:

Amir telah mengkhianati Hassan, satu-satunya sahabatnya. Saudaranya. Rasa bersalah kini menghantuinya. Menyingkirkan Hassan dari kehidupannya adalah pilihan tersulit yang harus diambilnya. Namun setelah Hassan pergi, tak ada lagi yang tersisa dari masa kecilnya. Seperi layang-layang putus, sebagian dari dirinya terbang bersama angin. Tetapi, masa lalu yang telah terkubur dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama. Dan seperti rapuhnya layang-layang, tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangannya yang mewujud kembali.

----------------------

baiklah memang sih overall ceritanya bagus, nyentuh, bahkan jujur gue berkali-kali nangis. gue baca bukunya cuma dalam waktu 1 hari (ngebut saking serunya ampe ga makan). bahkan kali ini gue tetep juga nangis. kalo cuma baca sinopsisnya sekilas mah ga terlalu ngena.

jadi gini ya buku ini bagi gue ngajarin soal kesetiaan, menepati janji, memaafkan, dan keadilan. daripada pokok pembicaraan ga fokus mungkin mari kita persingkat jadi KESETIAAN DAN KESETIAKAWANAN.

sebenernya gue masih agak bingung dengan kesetiaan dan kesetiakawanan. yang pasti gue tahu itu semua diambil dari kata dasar setia. coba lo bayangin, lo punya temen yang ke mana-mana selalu sama lo terus selalu nolongin lo waktu lo kesusahan, bahkan rela badannya babak belur demi lo. itu kesetiaan apa kesetiakawanan? yang gue bingung juga gitu si Hassan ini sebenernya cuma anak pembantu Baba nya Amir, tapi karena mereka tumbuh bersama mereka saling akrab dan bisa dibilang sahabatan. si Hassan ini suka ngebelain Amir sampe-sampe dia di lecehin sama anak-anak brandal demi Amir. kalau gue mikir ini yang disebut kesetiaan.

Amir baru ngerasa dia harus nepatin janji ke Hassan, ngerasa bersalah, dan bahkan dia merasa malu jadi temennya Hassan setelah Hassan berkali-kali ngebelain dia. ampe dia ngefitnah biar hassan ga mau lagi jadi temen dia. tapi Hassan-nya malah keukeh setia ama dia. sampe akhirnya si Hassan pergi sama bapaknya dari rumahnya Amir. (bagian ini masa gue nangis) kalo ini gue mikir ini kesetiakawanan. karena perasaan berkawannya/ rasa persahabatannya itu dia merasa harus nepatin janji, harus setia.

oke jelasnya begini, setiap orang pasti memiliki rasa setia. rasa setia itu didasari oleh perasaan memiliki yang berubah menjadi sayang atau lebih proktektif karena rasa cinta. di mana kita ingin mengabdikan diri ke seseorang, menemaninya, ada saat dibutuhkan, intinya kita akan selalu sabar mau diapain aja sama dia. dulu gue pikir rasa setia itu bodoh banget, bahkan gue mikir lo mau aja jadi 'pembantu' atas nama kesetiaan itu! tapi setelah sekitar 1 tahun yang lalu gue baca nih buku (abis gitu gue DBD) gue ngerasa persepsi gue tentang rasa setia itu salah.

kalo gue bilang kesetiakawanan itu ga abadi, apalagi kalo persahabatannya putus. yang abadi ketika lo menjadikan kesetiaan. setia bukan berati lo mau diapa-apain aja. setia tandanya lo ga bakal biarin orang itu ada di bawah waktu lo di atas, atau di atas ketika lo ada di bawah. setia itu ngedukung. setia itu selalu berjalan beriringan. bukan prestasi. tapi lebih kepada peran dan perasaan. setia itu ga memudar, kalo kesetiaan itu cuma di mulut doang ga dirasa dengan hati atau cuma berdasarkan penglihatan bisa-bisa itu cuma jadi kamuflase doang. makanya coba dengerin lagunya ANANG SYAHRINI dehhh. jika kesetiaan dikhianati, efek sampingnya luka batin yang lebay malah ampe trauma.

kalo gue boleh jujur, makhluk Tuhan paling setia itu hewan peliharaan. mereka ga dikasih akal budi tapi mereka tahu caranya balas budi. mereka juga punya perasaan. bukan rasa persahabatan yang mereka rasakan ke tuannya, tapi pengabdian. pengabdian sekali lagi kayak setia bukan berati lo mau diapa-apain aja. artinya bakal selalu ada dalam segala kondisi, ngerti apa yang dibutuhin.

banyak orang mengaitkan kesetiaan dengan hubungan pacaran, pernikahan, dan percintaan-percintaan itu. bener sih kalo dikaitin, bener banget malah. tapi apa setelah hubungan itu usai ga ada lagi itu rasa setia? NAH TUH DIA menurut gue salah kaprah (sok tahu bet). coba deh dipikir, pas lo pacaran atau pas lo nikah atau istilahnya begitu ada komitmen pasti ada kata-kata "aku ga bakal ninggalin kamu. aku janji". itu udah menggambarkan kesetiaan lhooo... abis gitu lo putus, lo ninggalin dia. mana kesetiaan lo? gini ya, kalo di kamus saya (coba juga ada di kamus orang-orang lainnya) yang namanya rasa setia mau sama pasangan yang udah nyakitin kita itu ga perlu janji kayak gitu. oke emang gue juga sering janji kayak gitu, itu karena emang gue bener-bener komitmen. tapi di sini suatu hari kalo ternyata kita udah ga bisa barengan lagi yang perlu dicatat gue akan tetep setia gue ga akan ninggalin dia, kalo dia butuh gue bakal ada entah sebagai temen entah sebagai musuh... kalau gue harus ngelindungin seseorang gue akan ngelindungin dia dengan rasa setia itu. biarpun ga ngasih solusi apa-apa, biarpun ga ngasih penyelesaian masalah. yang pasti orang itu tahu kalau gue ada, kalau dia masih punya gue...

jadi buat temen-temen sekalian... kesetiaan itu ada. gue heran ampe ada yang ngomong itu semua cuma omong kosong (kayak di FTV FTV). setia itu kata hati. yang ga bisa kita percayai cuma dari penglihatan tapi juga dari perasaan. dan buat temen gue yang sempat meragukan rasa setia itu... Gue percaya kok, gue percaya perasaan gue dan kata hati gue. memang ga pernah sepenuhnya bener... tapi gue percaya orang yang saat ini gue sayang itu setia sama gue dan gue percaya kalau gue juga setia sama dia. dan kalo gue kayak gini juga bukan berarti gue ga setia sama lo sahabatku... rasa setia itu abadi ga bisa diganti-ganti!

bukan dari kata i love you, bukan dari janji-janjinya dia, bukan! tapi dari bertahun-tahun kita semua menjalani hidup. berbulan-bulan dari gue memperhatikan dia dengan perasaan gue. kita ga pernah tahu apa kata Tuhan, mungkin suatu hari gue bakal pisah sama dia... tapi gue harap ga. gue nemuin orang yang tepat kok untuk gue menempatkan hidup bersamanya. untuk gue tempatkan rasa setia itu. sekali lagi sahabatku, setia itu bukan berarti kita mau diapa-apain aja.


P.S : buat yang baca makasih banyak yaaa (panjang bener nih post) jangan lupa ditonton filmnya kalau mau lebih seru BACA DAH BUKUNYA! KEJER NANGIS~!

okay see you on next post, thank you.

2 commenti:

  1. yang ini juga bagus, tapi tetep ya ada ANANG SYAHRINI !! ckckck makin ngefans saya sama mereka..
    jangan memilih aku..
    bila kau tak sanggup setia..
    kau tak mengerti aku, diriku..
    yang pernah terluka..

    HUAHAHAHA :)

    RispondiElimina
  2. cukup git cukup! cukup di twitter aja kita nyanyi hahaa

    RispondiElimina