venerdì 5 marzo 2010

cita-cita

gue rasa gue keranjingan dan kelewat addict nulis di internet. biasanya cuma nulis di komputer terus ga gue kasih liat orang (terus draftnya ilang kena virus komputer di format bikin ulang lagi habis semua inspirasi BT) sekarang ada dikit hal sekelebat gue nulis.
oke biasanya gue cuma nulis di diary (idih anak perempuan banget haha). kenapa? emangnya lo kira buku harian itu cengeng. ga! bagi sebagian orang menulis itu penting. terutama ketika dia menyoroti sesuatu yang dia anggap seminimalnya berguna bagi diri dia sendiri, sebagai bahan perenungan, dan juga sebagai bahan evaluasi. kalau buku harian cengeng wah berarti lo ga pernah nonton film GIE atau tahu buku CATATAN HARIAN SEORANG DEMONSTRAN lebih ga gaul lagi kalo lo ga pernah tahu CATATAN HARIAN SI BOY yang ngetrend banget jamannya mak gue rambutnya masih ngembang.

oke ngapain dari tadi gue panjang lebar kalo intinya gue mau ngomongin cita-cita gue. hehe asal lo tahu gue masih ragu sama karya tulis Bahasa Indonesia gue pas masih jaman kelas 1 SMA. tahu kenapa? di situ gue nulis kalau gue ngebet masuk jurusan sastra karena gue suka bahasa dan cita-cita gue jadi penulis.

in fact, gue udah bilang gue suka nulis. banyak orang tahu gue suka nulis. tapi pernah ada temen saya bilang "coba deh pikir, emangnya kalau kamu suka nulis itu bisa dikaitkan ke sastra dan bahasa apa?" ya sebenernya ga! menulis dengan bahasa emang erat tapi esensinya beda. gue menulis karena gue suka dan itu terjadi secara alamiah sejak gue kecil. tapi di mana lagi gue harus menuntut ilmu. bisa kasih tahu gue ga di UGM kek di UI kek di mana kek yang ada jurusan Penulisan Kreatif? kalau ada kasih tahu ya, kalau ga... saya cuma bisa jadi diri saya sendiri

temen saya itu pernah bilang "mending kalau mau masa depannya terjamin masuknya accounting atau management." setelah gue pikir emang bener! tapi gue pernah nyambung, ga pernah bisa ngerasainnya. gue bukan tipe orang rela hidup susah. ga! gue juga ga mau ngemis-ngemis minta ke penerbit biar tulisannya diterbitin. gue cuma pengen hidup dengan cara hidup gue sendiri.

mmhh gue pemimpi. setiap gue lagi sendirian dan nglamun ngalor ngidul gue selalu ngebayangin gue ada jauh dari semua hiruk pikuk ini. tinggal sendiran, jalan-jalan sendirian, senyum-senyum sendirian, dan menghasilkan sesuatu sendirian. makanya gue baru sadar gue ga cocok ada di organisasi biarpun berorganisasi itu baik untuk hubungan interpersonal (ya kali ini gue jalanin siapa tahu lama-lama cocok dan gue ga jadi individualis lagi). oke oke jangan kira gue mau hidup sendirian doang! ga!

balik ke topik awal. pas waktu gue sendirian itulah gue pengen menghasilkan sesuatu. entah itu gue nongkrong di ayunan tepi pantai, atau di serambi rumah yang menghadap hutan cemara, atau pula hanya duduk di dapur apartemen sambil nonton siaran berita politik. tapi pas saat-saat seperti itu gue ngerasa sebagai gue. lalu gue akan nulis segala hal lewat realita apa yang gue liat. karena kalau kayak sekarang-sekarang terus gue cuma bisa ngayal. gue pengen bisa pergi ke tempat di mana gue menjadikannya sebagai objek. biar gue ga ngerasa salah kaprah mulu dalam menghasilkan sesuatu.

ya dan sampai saat ini saya masih kepengen setelah SMA untuk ga lanjutin sekolah (maaf mama papa). atau seminimalnya saya masuk fakultas ilmu budaya / fakultas sastra dan bahasa. masa depan itu pilihan kan...?

Nessun commento:

Posta un commento