venerdì 13 agosto 2010

sekilas aja

ini nih gue baru keingetan lagi. waktu lagi terawehan, gue ngeliat sekeliling gue. karena gue sholat di lantai 2 mesjid Nurul Iman yang notabene isinya ibu-ibu bawa anak-anaknya yang pada masih bocah gue jadi ngeliatin bocah-bocah.

kerjaannya lari ke sana kemari. terus yang namanya bocah itu ga peduli yang namanya kenal apa ga kenal. kalo udah ngeliat bocah lain main-main pasti kepengennya ikutan main. kadang nyebelin suka teriak-teriak lagi sholat. suka nangis-nangis. suka narik-narik mukenah ibunya yang lagi sholat minta dibeliin jajanan depan mesjid. tapi yang namanya juga anak kecil mau jelek mau cakep gue tetep suka bangeeeeeeeeetttt sama anak kecil.

karena gue sholat di depan jadi yang gue liat banyakan ibu-ibu bawa anak perempuan mereka. yang cowok-cowok biasanya udah ga jelas lari-larian di luar mesjid. kok lucu banget ya anak-anak perempuan itu pake mukenah. imut banget keliatannya. terus setiap kali ganti gerakan sholat mereka ngeliatin ibu atau neneknya dulu. ngikutin gerakannya. tapi ga baca apa-apa.

gue inget pertama kali gue sholat di mesjid itu waktu gue umur 3 tahun. sama juga gue kayak mereka kayaknya. ngikutin gerakannya nyokap gue. hahahahaha malah kadang gue lari-larian sama si Ica ama Ulan anak bocah sebelah yang sekarang udah sekolah tahu di mana.

pas lagi ga sholat gue mikir kapan gue bisa ke mesjid sama anak perempuan kecil di samping gue? terus dengan sabarnya kayak ibu-ibu. gue ngebayangin makein anak perempuan gue mukenah sambil bilang, "nanti Nada jangan ke mana-mana ya. di samping mama aja. Nada ikutan sholat ya." mungkin anak gue bakal ngangguk aja. gue bakal nyubit pipi dia terus bilang "ikutin gerakan aja dulu yaaa sayang kalo nggak tahu bacaan sholat. tapi Nada afal Al Fatihah dan surat-surat pendek kan?" dan gue bakal seneng kalo anak gue yang pengen gue kasih nama Alunada Ranggita Khumaira itu senyum dan ngangguk dengan patuh. biarpun mungkin kenyataannya dia bakalan main sama temen TK nya di mesjid hehe.

terus waktu tarawehan selesai gue kan nungguin adek gue di depan. ada keluarga kecil di deket situ. si ibunya ngegendong anak perempuannya terus bapaknya ngegandeng anak laki-lakinya. terus gue ditegur nyokap gue kenapa gue senyum-senyum pas anak perempuannya salim sama bapaknya sama abangnya. kembali gue mikir, kapan gue bisa kayak gitu. pulang taraweh sama suami dan anak-anak gue. ngenggandeng tangan kecil anak perempuan gue dan suami gue bilang ke anak laki-lakinya, "Bang Taya gandeng tangan Nada ya. Jangan dilepas tangan adiknya. Kita mau nyebrang jalan raya." terus mungkin anak perempuan gue bakal ngulet dan mintanya digendong ajah. sementara abangnya protes, "aaahh Nada suka gitu sih!" terus cemberut. hehe lucu.

waktu jalan deket rumah gue ada musholla di deket rumah pak RT. dan segerombolan orang keluar dari sana. ada bapak-bapak yang lagi ngomong sama anaknya nyuruh ngaji begitu sampai di rumah. dan tiba-tiba gue mikir, kapan gue bisa denger anak gue melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an yah? apa suatu hari pas anak-anak gue udah pada lulus IQRO *hehe, suami gue bakal ngomong, "Abang sama adek nanti baca Quran ya di rumah. kalau khatam Ramadhan ini kamu papa beliin mainan baru." terus mereka bakal setuju sambil nyaut, "iya pa iya pa?". hehe sementara ini gue dulu deh yang melantunkan ayat-ayat Al Qur'an buat orang tua mendengarkan waktu mereka lagi tidur di tengah malam.

yaaah gue sampai rumah. bersiap-siap untuk tidur. gue nanya sama orang tua gue ntar kita sahur apa? mama cuma bilang itu sayur asem masih sisa. ntar ditambahin sama ayam goreng ajah. ya itu kan gue udah gede ye mau makan apa aja pasti asik-asik. dan tiba-tiba menjelang gue tidur gue kepikiran, kalau nanti gue jadi seorang ibu tiap hari gue bakal masak apa ya? tahu ga salah satu resolusi jangka pendek gue adalah GUE HARUS BISA MASAK! gue kepengen waktu anak gue nanya, "mama mama mama besok kita sahur apa?" gue bisa jawab. atau waktu jam 5 menjelang buka puasa ada yang teriak-teriak "mama mama kita buka apa? waaaaahh enak!!!" biarpun mereka juga ga bantuin gue nyiapin makanan. tapi gue seneng ada yang menanti-nanti masakan gue. gue pengen anak-anak gue dikasih makan dengan tangan gue sendiri yang mengolahnya. gue pengen denger di meja makan waktu sahur anak laki-laki gue ngomong, "aku pasti kuat puasanya nih. masakan mama enak sih. perut aku kenyang!!!" terus adeknya ga mau kalah ngomong "aku juga aku juga! biar makin enak masakan mama berasanya kalo buka puasa." gue mungkin cuma senyum sambil ngelus-ngelus kepala anak-anak gue. pas buka puasa suami gue bakal bilang, "Bang Taya gimana puasanya hari ini?", Antaya Nurkama kami mungkin akan menjawab "abang sampai jam 6, pa!!! tanya mama deh!" lalu balik nanya ke Nada, "kalau adek puasanya gimana?", dan Alunada kami itu mungkin akan menjawab "aku bisa sampai jam 12 pa... tapi tadi aku bantuin mama lhoo." dan gue dengan senang hati akan berkata, "besok bantuin mama lagi ya abang, adek." ya seperti eyang gue waktu ngajarin cucu-cucunya puasa, dibayangan gue suami gue ngomong, "kalau gitu abang sama adek dapet bonus dari papa!" dan mereka tersenyum segembira-gembiranya.

gue ngebayanginnya sampai kebawa mimpi tidur. demi apapun, gue bangun segar, tersenyum, berdoa, bersyukur, berharap, dan jalan ke arah lemari gue dan meluk almamater MPK bertuliskan Gery F. seerat-eratnya. Kalau gue kepengen punya keluarga gue kepengen punya keluarga yang lebih baik dari apa yang gue punya sekarang. Biarpun untuk mewujudkannya sangat susah.

Ya Allah... hamba tahu Engkau Maha Mendengar maka jadikanlah hamba seorang IBU. Seorang wanita dewasa yang menyayangi keluarganya seperti ibu hamba menyayangi kami sekeluarga. Jadikanlah hamba wanita yang sholeha yang berimamkan pria yang sholeh dan bertanggung jawab. Berkatilah keluarga kecil hamba saat ini dan keluarga kecil hamba di masa depan nanti. Berikanlah kami dua anak, laki-laki dan perempuan yang sholeh dan sholeha, yang patuh, yang pintar, dan sehat. Akan hamba didik sebaiknya seorang orang tua mendidik anak-anaknya sehingga mereka dapat berguna dan menjadi orang yang bermanfaat di dunia ini...
Amin ya Allah... Amin... hanya pada-Mu hamba memohon dan berserah...


NB: aku mau 17 tahun lhoo kamis depan. berikanlah jiwa dan hati yang matang pada hamba ya Allah... amin
oh ya satu lagi Gery Fathurrachman juga 17 tahun senin depan. mudah-mudahan 10 tahun ke depan kami ngerayain ulang tahun kami berdua bareng sama Taya dan Nada :) AMIN AMIN AMIN!

Nessun commento:

Posta un commento