venerdì 2 aprile 2010

betapa cepatnya waktu berjalan

lagi-lagi masalah waktu.
beberapa hari yang lalu (masih di bulan Maret) saya pernah nulis soal kematian, soal hidup, soal perjalanan panjang. dan pernah ga kita berpikir kalo itu semua punya limit... WAKTU. waktu yang menjadi batasan dari segala hal tersebut. waktu kita untuk hidup akan terbatas dan berakhir pada titik yang disebut kematian.
maaf kalo sekarang saya membahas kematian lagi.

tepatnya hari Kamis kemarin tanggal 1 April 2010 di saat temen gue lagi 6 bulanan sama pacar pertamanya yang juga merupakan orang yang baru pertama kali jadian, di lain pihak ada temen gue yang dengan amat sedihnya kehilangan seseorang. oke di sini yang mau gue ceritain bukan temen gue yang baru 6 bulanan, tapi temen gue yang kehilangan.

shock banget waktu terima SMS dari Putri atau (isti biasa panggil) Mayang : "kabar dukacita. mamanya vanya meninggal. besok sabtu ada misa di rumah vanya jam 6. pada bisa dateng kan?"

waktu itu baru selese rapat dan ya Allah... speechless pas baca itu sms. mamanya vanya (temen gue dari kelas 4 SD yang baru amat sangat dekat saat kelas 1 smp) masih muda banget dan cantik banget, single parent yang selalu sayang sama anak perempuannya, vanya sendiri deket banget sama mamanya, dan mamanya baik banget sama temen2nya vanya. udah berbulan-bulan mamanya dirawat di RS PERSAHABATAN (deket rumah gue) tapi gue ga jenguk-jenguk. pertama gue kira oh mungkin kena apa gitu. tapi ternyata berbulan-bulan dan ternyata penyakitnya itu kanker paru-paru. gue ama 6 temen smp gue yang deket banget sama vanya mau jenguk akhirnya. rencananya sabtu ini. tapi ternyata... UDAH TELAT...

tahu ga betapa sedih dan kecewanya gue sama diri gue sendiri? tahu ga betapa sedihnya vanya, temen-temen baiknya yang diharapkan ada di sampingnya bisa pada dateng kasih perhatian ke mamanya? Emang ga ada yang bisa disalahin.

Sekarang gue mikir betapa cepatnya waktu berjalan.

mungkin vanya udah siap ngejalanin semuanya sendirian. selama berbulan-bulan mamanya di rumah sakit dia ngerawat mamanya sendiri. mungkin vanyak berharap banget gue dateng jengukin lain waktu, tapi guenya sibuk. padahal rumah gue sama rumah sakit tinggal jalan 3 menit nyampe. tapi emang dasar gue nya!

gue juga punya papa yang lagi sakit. dan gue jadi mikir... umur orang itu ga dengan mudah bisa ditebak. yang terlihat sehat bisa tiba-tiba jatuh sakit. yang terlihat masih ceria kemarin ternyata akhirnya terbaring lemah. bagaimana dengan yang sudah jatuh sakit, terbaring lemah? mungkin tanpa kita duga mereka telah tutup usia. sekarang apa gue bakal sesiap vanya kalau tiba-tiba hal yang terburuk itu terjadi?

mungkin yang paling penting sekarang gue gausah ngarepin banyak hal dari orang-orang soal perhatian. tapi bagaimana memanfaatkan waktu itu.

hal-hal yang mungkin bakal gue lakuin di waktu yang sangat singkat ini adalah:
  • ga pernah berhenti berdoa buat semua orang
  • mencoba menghargai hidup
  • memperlakukan setiap orang dengan rasa sayang dan kasih
  • tidak menyia-nyiakan sesuatu (ini sedikit susah, karena terkadang manusia suka lalai)
  • menjadi pribadi yang lebih pengertian lagi
  • menghargai apapun jerih payah orang lain untuk gue bahkan untuk sesuatu yang impactnya secara tidak langsung ke gue
  • menjadi orang yang lebih berguna lagi
  • menyiapkan diri untuk segala kemungkinan bahkan termasuk kematian diri sendiri
  • menjaga rasa sayang dan cinta ke seseorang
  • memegang janji dan selalu menepatinya
  • selalu jadi lebih baik lebih baik dan lebih baik
  • at least..., tetap mencari arti dari makna hidup jika itu adalah jawaban dari "apa gunanya kita hidup?"

lebih dari itu, besok gue bakal pergi sama Putri, Maria, dan Frida ke rumah Vanya lalu pergi ke makam mamanya Vanya...

Semoga Tante bahagia di sisi Allah... Amin...

*kita janji bakal ada buat Vanya

Nessun commento:

Posta un commento