domenica 2 maggio 2010

memaafkan

ga tau napa tangan gue masih gatel. yang ini ga akan panjang-panjang banget.
sebelumnya saya udah bilang kalau kebahagiaan pasti bakal hadir setelah akhirnya kita bisa mengalahkan ego kita. ego yang menyesatkan pastinya.
yaaaa... termasuk keeogisan kita untuk tidak memaafkan. karena kita tahu banget memaafkan itu hal paling sulit.
paling sulit! paling sulit banget memaafkan diri sendiri, karena sampe sekarang untuk beberapa hal gue ga bisa memaafkan diri gue sendiri.
tapi yang gue tahu pasti... gue harus bisa memaafkan orang lain... biarpun pertama yang harus gue lakukan adalah memaafkan diri gue sendiri.
tapi... seberapa perihnya orang tersebut menyakiti saya, saya tahu saya masih bisa memaafkan dia, memaafkan dia sebagai orang yang juga butuh kebahagiaan. karena walau bagaimanapun dia juga punya hak untuk diampuni.
dan saya juga masih akan mencoba mengampuni diri saya sendiri yang terlalu sering menyakiti orang lain. ya saya masih belum bisa mengampuni diri saya kalo masih ada orang yang belum bisa memaafkan saya.

berarti tandanya... perjalanan saya mencari kebahagiaan itu masih panjang ya... dan ga akan pernah berakhir.

bersyukur, saya masih bisa sadar bahwa memaafkan orang lain itu ternyata melegakan...

Nessun commento:

Posta un commento