giovedì 8 dicembre 2011

About Being Cool

ga itu bukan foto gue. itu anak orang yang gue ambil dari tumblr orang lain *)

okey, by the way gue mau share sesuatu yang mungkin jarang banget gue share. Ya lagi pula gue juga jarang ngepost. Ya apa ituuu?? Itu adalah tentang... GUE... (ya siapa lagi ini kan blog gue)
waktu dulu gue masuk kuliah gue inget banget gue sudah merencanakan banyak visi misi. hidup gue yang baru akan menjadi mahasiswa dianalogikan seorang mahasiswa tingkat 3 yang lagi nyalon jadi KETUA BEM. gue membentuk proker dan membentuk paradigma baru bahwasanya GUE BUKAN LAGI ANAK SMA.
haha iya klise banget emang.
dan salah satu visi gue adalah "being a cool nerd" huehehehe

ga acih banget gue beberin di sini sih

sebenarnya, banyak yang bilang gue dari jaman SMA juga emang udah nerd (baca: ANSOS). didukung dengan kerjaan gue yang kalau istirahat kalo nggak pacaran ya jualan buat dana OSIS, eh kelas 3 malah ngendep di kelas di depan binder dan modul SNMPTN dan UN. yang kurang cuma mata gue nggak 4 aja.

terlepas dari kebiasaan gue yang suka nulis atau baca buku asing nan keren. gue merasa kepribadian itu udah benar-benar melekat dalam diri gue.

but kenyataanya.... ZOOONNKK!!!!

dari masuk kuliah kehidupan gue dihadapkan dengan serangkaian masa inisiasi mahasiswa baru yang biarpun seru teutep bikin kelimpungan. tiap hari gue pulang malem. tas gue pernah penuh sama nametag dan buku tanda tangan juga baju gombrong buat forum. setiap istirahat jam kuliah kerjaan gue nangkring di basecamp kom 2011 buat bersuka ria menghafalkan lagu angkatan, yel-yel, dan banyak lagi. intinya kehidupan gue BERGAUL BERGAUL DAN BERSUKA RIA.
kalau kalian baca sih keliatannya gue hedon banget nggak ada belajarnya cuma main-main doang. agak salah sih sebenarnya tanggapan kalian yang itu. karena...
satu lagi masalah yang membuat gue gagal jadi "cool nerd" ini sebenarnya adalah BELAJAR. gue suka banget belajar ga perlu diragukan lagi, wajarlah kalau gue masuk UI (jumawa nyaris takabur). seriously, gue takut banget IP gue cilik nan kerdil dan nggak pantes muncul di layar SIAK NG. apalagi setelah baru-baru ini gue mendapati nilai HUKUM DAN PEMBANGUNAN GUE YANG... ah C! padahal gue udah belajar seharian, gue udah berusaha mengerti, bahkan gue ngerasa gue bisa pas ngerjainnya. lalu ini kenapa ini kenapa KENAPAAAA??? (sori jadi galau) doain aja UAS gue lancar dan minimal bisa jadi B- deh nilai gue yang penting lulus nih SKS.
oke back to topic, gara-gara belajar ini gue jadi lebih senang berada di depan laptop sambil baca e-book John J. Macionis buat Sosiologi. atau parahnya weekend gue dihabiskan dengan nyalin catatan politik dan komunikasi. jadi sudahlah itu buku-buku yang gue beli... hiks... tak berkembang halaman yang dibacanya.

sebenarnya sih ga sekedar itu about being cool nya.

gue suka nulis puisi, sajak, cerpen, dan novel. ya intinya gue merasa keren karena gue menulis. selain itu gue merasa keren karena gue mendapatkan inspirasi dengan cara jalan sore-sore di sekitaran Salemba, Matraman, Mester, Menteng, Ancol. Aduh alay banget ya emang hehehe. Tapi beneran deh saat-saat kayak gitu yang paling gue rindukan, mungkin karena itu tempat pacaran gue. Feel the romance banget deh kalo jalan-jalan di sana.
Dulu waktu gue SMA tiap minggu kayaknya gue pasti jalan-jalan di sana. Yaiyalah sekolah gue di Jatinegara gitu. Diboncengin pacar makin berasa khidmatnya. Gue juga sering naik angkot sambil dengerin lagu-lagu balad di playlist yang bikin gue menambah perbendaharaan diksi gue dan bikin gue ngebayangin unyu moment yang mungkin terjadi di kehidupan remaja. :3

gue berpikir kalau gue kuliah gue akan mendapatkan suasana baru. secara kampus gue adalah universitas di tengah hutan nan sejuk, dengan danau di tepian perpustakaan nan megah, dan spot-spot untuk menikmati langit sore yang teduh. tapi.... hiks...
sekali lagi, suasananya beda. gue nggak menghasilkan apapun ide kecuali semangat belajar yang tinggi dan semangat berprestasi dan beroganisasi *pencitraan abis*. sering banget gue merindukan jalanan-jalanan itu seperti yang udah pernah gue ceritain di post sebelum-sebelum ini. feels like i'm lack of inspiration.

itu mengapa ketika gue terserang masalah yang menurut gue besar karena beberapa minggu ini gue melalui hari-hari yang berat, gue memanfaatkan Selasa gue yang kosong melompong untuk menikmati itu lagi. Entah gue sendiri, entah gue bareng sama Gery rasanya 10:15 lah.

Mungkin visi gue sebagai mahasiswa nerd yang juga cool itu bisa terlihat suatu hari nanti. itu sih gue yang menciptakan label untuk diri gue sendiri. Teman-teman terdekat gue melabeli gue dengan "mahasiswa kerajinan" tapi di luar lingkar pertemanan gue mereka hanya tau gue sebatas anak kom 2011, anak kelompok 5, komdance. gue nggak tahu penilaian lebih dibalik itu.

tapi sejauh ini... gue masih bisa hidup tanpa dilabeli apapun. jadi... go with the flow. nikmati apa yang bisa dikerjakan sekarang. kita mungkin bisa merencanakan masa depan, tapi kita bukan event organizer dan hidup kita bukan event pribadi kita. selalu ada hal-hal yang tidak terduga terjadi. ini juga bukan kebetulan. tapi selama masih punya kesempatan untuk mewujudkan sesuatu ya wujudkanlah. inget tujuan itu penting, inget cara mencapainya juga penting, sebenarnya kalau emang niat sih semua pasti akan berjalan baik-baik aja kok.

yang paling penting, kalau kata gery di suatu sore... jangan pernah coba hilangkan apa yang menurut kamu positif ada di kamu.
yep itu nilai kita sebagai sebuah pribadi. itu yang harus dihargai. keep smile :D

Nessun commento:

Posta un commento